Implementasi Pojok Baca Sebagai Sarana Menumbuhkan Minat Baca di Miss Proto 02 Kedungwuni Pekalongan

Authors

  • Rissa Shofiani UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia Author
  • M Afrizal UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.64994/iemj.v1i1.2

Keywords:

Program, Reading Corner, Miss Proto 02 Kedungwuni

Abstract

This study aims to describe the reading corner program at MISS Proto 02 Kedungwuni Pekalongan. The type of research used is field research while the approach used is a qualitative approach. The data sources used came from primary and secondary data. While the method of collection through observation, interviews, and documentation. This research uses descriptive analysis. The results showed that the implementation of the reading corner of MISS Proto 02 Kedungwuni Pekalongan includes various aspects, including planning, namely forming a student reading corner team and appointing a mentor. Then, implementation, namely during Indonesian language lessons and during the second break. Furthermore, evaluation, namely evaluation through the supervising teacher and evaluation based on student records.

References

A M, Sardiman. 2015. Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Cet. IV; Jakarta: CV. Rajawali

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. Achmad H.P dan Alek A. 2014. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi Jakarta: Prenada Media

Anjani, Sri, Nyoman Dantes, dan Gede Artawan. 2019. Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd Gugus II Kuta Utara. JURNAL PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 3, No. 2

Arikunto, Suharsimi. 2004. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Artana, Ketut. 2016. Upaya Menumbuhkan Minat Baca pada Anak. Jurnal Pustakawan Utama Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1

Astuti, Dwi Puji. 2013. Minat Baca Penentu Kualitas Bangsa. Jurnal-jurnal. Pendidikan, Vol. 2. No. 3

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers

Dewi, Fitri. 2021. Pengaruh Metode Lambung TA terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas III SDN No. 51 Lauwa. Jurnal Papeda, Vol. 3, No. 1

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Endriani. Ani. 2017. Indikator Minat Belajar 2011. dalam aniendriani.blog.spot.com. diakses pada tanggal 10 Juni 2023

Faizah, Hikmatul. 2020. Strategi Peningkatan Minat Baca Literasi Islam Pada Anak Oleh Pengelola Perpustakaan Atap Welit di Desa Lolong Kecamatan Karanganyar. Skripsi PGMI. Pekalongan: IAIN Peklongan

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Fauzi, Ahmad 2014. Psikologi Umum. Cet. II; Bandung: CV. Pustaka Setia. Iskandar. 2012. psilologi pendidikan. ciputat: Gaung Persada Press

Kadarsih. 2020. Peran Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Memotivasi Minat Baca Siswa SMP Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang. Tesis PAI. Pekalongan: IAIN Pekalongan

Kalida, Muhsin dan Moh. Mursyid. 2014. Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Leonhardt, Mary. 2017. 99 Cara Menjadikan Anak Kerajinan Membaca. Cet. V. Bandung: Kaifa

Maharani, Ony Dina, Kisyani Laksono, dan Wahyu Sukartiningsih. 2017. Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember, Jurnal Review Pendidikan Dasar:Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Vol. 3, No. 1

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bandung:Pustaka Setia

Majid, Abdul.2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Martaulina, Sinta Diana. 2014. Bahasa Indonesia Terapan Yogyakarta: CV Budi Utama. Moeloeng, Lexy J.2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung:Rosda Karya

Muhadjir, Noeng. 1998. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:Rake Sarasin. Nurbaka

Cholid dan Abu Ahmadi. 2003. Metode Penelitian Jakrta: Bumi Aksara. Nurhadi. 2016. Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Implementasi Pojok Baca Sebagai Sarana Menumbuhkan Minat Baca di Miss Proto 02 Kedungwuni Pekalongan (R. Shofiani & M. Afrizal, Trans.). (2024). IEMJ: Islamic Education and Management Journal, 1(1), 18-24. https://doi.org/10.64994/iemj.v1i1.2